Visi & Misi

icon front default2

Visi Program Studi
” Menjadi Program Magister (S2) Agroekoteknologi yang unggul dalam bidang pertanian dan riset tanaman perkebunan berbasis potensi lokal serta menghasilkan lulusan yang mampu bersaing pada tingkat nasional dan berwawasan global pada tahun 2020”.

Misi Program Studi

Untuk mewujudkan Visi tersebut maka PSMAET FP USU menetapkan Misi PSMAET FP USU sebagai berikut :

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi Magister berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi sehingga menghasilkan lulusan yang mampu beradaptasi dan bersaing dalam tataran global. 
  • Mengembangkan riset dan budaya meneliti yang berorientasi kepada masalah-masalah ilmu dan teknologi pertanian (pemuliaan tanaman, agronomi, sumber daya lahan, hama tumbuhan dan penyakit tumbuhan), terutama untuk komoditi tanaman perkebunan sebagai basis mengembangkan industri di bidang pertanian yang berkelanjutan bagi kesejahteraan masyarakat.
  • Memberikan pelayanan untuk pemecahan permasalahan nyata di masyarakat.
  • Memperkuat dan memperluas jejaring nasional dan internasional untuk meningkatkan aktivitas riset.
  • Membangun atmosfer akademis yang kondusif dalam proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, pengembangan kepribadian serta wawasan agripreneurship/kewirausahaan.

Tujuan Program Studi

  • Menghasilkan lulusan Magister (M.P) Agroekoteknologi, yang bermoral, berjiwa wirausaha dan beretika profesi, mampu bekerja sama dalam tim multi disiplin, percaya diri, inovatif, mampu mengembangkan diri, dan mampu bersaing pada tataran global melalui proses pembelajaran yang efektif dan efisien, khususnya dalam bidang agronomi, sumber daya lahan, pemuliaan tanaman, hama dan penyakit tumbuhan yang memiliki kemampuan dalam dunia pendidikan dan penelitian yang bereputasi regional, nasional dan internasional.
  • Menghasilkan karya –karya ilmiah yang berasal dari kegiatan penelitian berbasis potensi lokal dalam bidang agronomi, sumber daya lahan, pemuliaan tanaman, hama dan penyakit tumbuhan yang disebarluaskan melalui jurnal-jurnal ilmiah dan kegiatan seminar nasional maupun internasional. 
  • Menghasilkan karya-karya inovatif yang berasal dari kegiatan penelitian berbasis potensi lokal yang dapat diusulkan untuk memperoleh hak kekayaan intelektual.
  • Menghasilkan kegiatan pelayanan kepada masyarakat di bidang pertanian dan tanggap terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat, khususnya menyangkut masalah di bidang agronomi, sumber daya lahan, pemuliaan tanaman, hama dan penyakit tumbuhan, yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan seminar, penyelesaian masalah atau pelatihan pelatihan yang mungkin dilaksanakan agar masyarakat mampu menyelesaikan masalahnya secara mandiri dan berkelanjutan. 
  • Mempererat jejaring nasional dan internasional yang kuat guna mendukung kegiatan penelitian terutama yang berbasis potensi lokal.

Upaya mewujudkan visi, misi dan tujuan tersebut maka PSMAET FP USU mengimplementasikan tata nilai utama BINTANG yang dirumuskan dalam RENSTRA USU sebagai penuntun bersikap bagi seluruh sivitas akademika. Penjabaran tata nilai utama BINTANG sebagai berikut :

  • Bertakwa kepada TYME dalam bingkai kebhinekaan. Insan USU taat kepada TYME, senantiasa bermohon kepadaNya untuk segala upaya meraih keberhasilan, disertai semangat kebersamaan dan toleransi antar pemeluk agama yang berbeda-beda.
  • Inovatif yang berintegritas. Insan PSMAET merupakan bagian dari USU menyadari bahwa untuk menjadi universitas ternama, dan memperoleh pengakuan internasional diperlukan inovasi pada bidang keilmuan pemuliaan tanaman, agronomi, hama dan penyakit tumbuhan, dan sumber daya lahan dengan tetap berpedomanpada kaidah etika keilmuaun dan profesionalisme.
  • Tangguh dan arif. Insan PSMAET sebagian dari USU pantang menyerah dan tidak mudah putus asa dalam memperjuangkan cita-cita dengan tetap bersikap arif.