Himpunan Alumni

Jelaskan apakah lulusan program studi memiliki himpunan alumni.  Jika memiliki, jelaskan jenis partisipasi (sumbangan dana, fasilitas, masukan untuk perbaikan proses pembelajaran, pengembangan jejaring) dan hasil kegiatan dari himpunan alumni untuk kemajuan program studi.

Program studi memiliki Himpunan Alumni yang dibentuk pada tanggal 23 September 2011.
Beberapa partisipasi alumni adalah:

  • Dukungan berupa parsitipasi pada kegiatan seminar nasional program Magister (S2) Agroekteknologi FP USU misalnya Seminar Nasional dengan topik Pertanian Presisi Menuju Kedaulatan Pangan, yang dilaksanakan pada 25 November 2011, dan memberi masukan berupa pengisian kuesioner umpan balik terhadap proses pembelajaran.
  • Sumbangan fasilitas pembelajaran dalam bentuk LCD EPSON sebanyak dua unit.
  • Sumbangan fasilitas gedung perkuliahan “Gedung Pasca Sarjana” (in kind)
  • Pengembangan jejaring khususnya dalam bentuk promosi prodi di lingkungan kerja alumni. Hal ini ditandai dengan adanya calon mahasiswa yang direkomendasi alumni. Komunikasi alumni sudah dilakukan secara intens melalui jejaring WhatsApp: Ika Math USU. 

Publikasi bersama antara alumni dan mahasiswa prodi. Beberapa publikasi bersama mahasiswa dan alumni sudah terbit di Global Journal of Pure and Applied Mathematics (terindeks scopus).

Himpunan alumni memberikan sumbangan fasilitas pendukung perkuliahan yaitu pembangunan Gedung Pasca Sarjana, dalam kegiatan studi lapangan mahasiswa pada kegiatan fieldtrip pada instansi PTPN 2, PTPN 3, Asian Agri, dan fasilitas penelitian mahasiswa S2 pada Balai Penelitian Tembakau Deli (BPTD PTPN 2), Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), BPTP (Badan Pengkajian Tanaman Pangan).

Himpunan alumni mengagas dan membangun atau membentuk jurnal online Pertanian Tropika pada tanggal 3 April Tahun 2014. Himpunan Alumni juga berpartisipasi dalam kegiatan Seminar Sehari dalam rangka memperingati “Hari Air Sedunia” dan kegiatan lainnya yang mendukung program studi. Himpunan Alumni juga memfasilitasi terbentuknya MoU dengan Dinas Pemerintahan (seperti: Dinas Kehutanan, Dinas Pertanian), dan Lembaga Penelitian milik pemerintah maupun pihak swasta.