Pendaftaran

Sistem rekrutmen mahasiswa baru mencakup: Kebijakan rekrutmen calon mahasiswa baru, kriteria seleksi mahasiswa baru, sistem pengambilan keputusan, dan prosedur penerimaan mahasiswa baru. Jelaskan sistem rekrutmen mahasiswa baru yang diterapkan pada program studi ini.

Rekrutmen dan seleksi mahasiswa baru PSMAET FP USU dilaksanakan dua kali setahun pada periode Semester Ganjil dan Semester Genap secara terpadu dengan penerimaan mahasiswa baru pada Sekolah Pascasarjana USU secara terpusat. Hal ini tertuang pada Peraturan akademik USU Tahun 2008 dan Tahun 2014, serta Manual Prosedur Pendataan Mahasiswa Baru pada dokumen MP-GKM AET/FP S2 11. Sekolah Pascasarjana USU membuat pengumuman penerimaan mahasiswa secara umum di web USU dan dimedia cetak yang ada di kota Medan. Program Studi Magister Agroekoteknologi Fakultas Pertanian USU juga menyiapkan leaflet yang disebarluaskan kepada berbagai instansi pemerintah dan swasta, perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia.

Persyaratan sebagai calon mahasiswa baru Program Studi Magister Agroekoteknologi Fakultas Pertanian USU adalah telah lulus Program Strata Satu (S1) atau D4 yang setara dari perguruan tinggi yang diakui oleh Pemerintah Republik Indonesia dalam disiplin agronomi, sumber daya lahan, pemuliaan tanaman, hama dan penyakit tumbuhan serta kehutanan yang dipilih, dengan IPK ≥2,75 pada skala 0-4.

Prosedur penerimaan mahasiswa baru adalah sebagai berikut: Calon mahasiswa mendaftar secara on line pada web USU (pendaftaran on line di laman http://sps.usu.ac.id/pendaftaran) dan menyerahkan formulir pendaftaran yang telah diisi dan ditandatangani serta lampiran yang dipersyaratkan seperti memperoleh ijin atasan langsung bagi calon yang bekerja pada suatu instansi, memiliki surat keterangan sehat dari dokter dan membayar biaya seleksi yang dialamatkan kepada nomor rekening Rektor USU. Calon mahasiswa tersebut akan menerima tanda peserta Ujian Masuk. Calon mahasiswa mengikuti Ujian masuk berupa TPA (test potensi akademik)
Untuk menetapkan mahasiswa yang diterima masuk Program Studi Magister Agroekoteknologi Fakultas Pertanian USU, Direktur Sekolah Pascasarjana dan Ketua PSMAET FP USU mengadakan rapat penerimaan mahasiswa baru, sistem pengambilan keputusan didasarkan pada hasil skor TPA berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing program studi. Keputusan rapat adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Hasil keputusan rapat penerimaan mahasiswa baru disampaikan kepada mahasiswa baru melalu surat resmi penerimaan mahasiswa baru dan papan pengumuman di Sekolah Pascasarjana USU. Mahasiswa baru diwajibkan untuk mendaftar ulang dan melakukan berbagai kegiatan yang terkait dengan pendaftaran rencana Studi sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Sekolah Pascasarjana USU.